Warta

1000 Pendekar Pagar Nusa Sumut Amankan Istighosah NU

Rabu, 23 Januari 2008 | 02:32 WIB

Medan, NU Online
Sebanyak 1000 pendekar Pagar Nusa siap mengamankan pelaksanaan Istighosah Warga Nahdlatul Ulama (NU) Sumatera Utara pada 3 Februari 2008 di Halaman Istana Maimun Medan.

Kesiapan itu disampaikan oleh Ketua Pimpinan wilayah Ikatan Pencak Silat Nahdlatul Ulama (IPSNU) Pagar Nusa Sumatera utara Achmad Firdausi Hutasuhut,SH,MSi di dampingi Wakil ketua Idham Damanik usai melakukan pertemuan tertutup dengan Ketua Tanfdizyiah PWNU Sumut H Ashari Tambunan Selasa (22/1) di Medan.<>

"Ini perintah dari Ketua PWNU Sumut dan tentunya kita siap mengamankan perintah itu dengan mengerahkan 1000 pendekar kita yang tesebar di Medan,Deli Serdang dan Kota Binjai," kata Firdaus seraya menyebutkan pengamanan akan dilakukan di ring dalam dan luar .

Firdaus menjelaskan 1000 pendekar Pagar Nusa tersebut akan kita sebar dimana ada yang memakai pakaian preman dan memakai pakaian seragam khususnya dalam mengamankan kedatangan para ulama yang akan mengikuti Istoghosah tersebut yang diperkirakan akan diikuti sekitar 10.000 peserta Istighosah.

Dijelaskannya bahwa selain pengamanan ini diperintahkan oleh Ketua PWNU Sumut ,perintah juga datang dari Ketua Pimpinan Pusat (PP) IPSNU Pagar Nusa Drs H Fuad Anwar ketika berada di Medan Minggu (20/1) lalu yang ketika itu melantik pengurus Pagar Nusa Sumut dan Kota Medan.

"Ketua PWNU memberikan amanah kepada Pagar Nusa agar pelaksanaan Istighosah itu berjalan dengan sukses aman tertib dan lancar sebab pelaksanaan Istighosah ini merupakan puncak dari kegiatan Bulan Harlah NU Ke 82 yang sudah dilaksanakan sejak 1 Januari 2008 lalu. Itighosah juga dilaksanaka di stadion Gelora Bung Karno secara serentak di selruh Indonesia juga rangkaikan dengan teleconfernce mendegrakan tausiah dari Ketua PBNU KH Hasyim Muzadi, dan Rosi Am NU KH sahal Mahfudz," tegas Firdaus.

Firdaus meminta kepada seluruh Ketua PC Pagar Nusa di Sumut segera mempersiapkan pendekarnya diterjunkan pada pengamanan pelaksanaan Istigoshah NU ini,khusus untuk Medan, Deli Serdang dan Kota Binjai diminta satu hari sebelum pelaksanaan sudah melakukan penyisiran arena Istigosah. (msy)