Muhammad Syakir NF
Penulis
Jakarta,Ā NU OnlineĀ
Memasuki bulan Safar 1445 H, tak sedikit orang yang beranggapan bulan ini sebagai bulan sial yang dipenuhi dengan musibah dan keburukan. Anggapan ini mendapat bantahan serius dari kalangan ulama, bahkan Rasulullah saw.
Keyakinan akan kesialan bulan Safar ini juga merambah di kalangan masyarakat Indonesia. Mula anggapan atau keyakinan tersebut sebenarnya tidak lepas dari tradisi orang Arab yang memiliki keyakinan bahwa bulan Safar merupakan bulan kesialan dan penuh cobaan.
āKeyakinan salah itu akhirnya mengakar dan menyebar ke mana-mana, bahkan tidak sedikit masyarakat Indonesia yang mengikutinya,ā tulis Ustadz Sunnatullah sebagaimana dikutip dari tulisan di NU Online berjudul "Bulan Safar: Latar Belakang Nama dan Mitos Kesialan di Dalamnya", pada Jumat (18/8/2023).
Baca Juga
6 Peristiwa Penting di Bulan Safar
Rasulullah saw pun menegaskan dirinya menolak anggapan tersebut. Penolakannya itu dinyatakan dalam sebuah haditsnya sebagai berikut.
ŁŁŲ§ Ų¹ŁŲÆŁŁŁŁ ŁŁŁŁŲ§ Ų·ŁŁŁŲ±ŁŲ©Ł ŁŁŁŁŲ§ ŁŁŲ§Ł
ŁŲ©Ł ŁŁŁŁŲ§ ŲµŁŁŁŲ±ŁŲ ŁŁŁŁŲ±ŁŁ Ł
ŁŁŁ Ų§ŁŁŁ
ŁŲ¬ŁŲ°ŁŁŁ
Ł ŁŁŁ
ŁŲ§ ŲŖŁŁŁŲ±ŁŁ Ł
ŁŁŁ Ų§ŁŁŲ£ŁŲ³ŁŲÆŁ
Baca Juga
Amalan Bulan Safar yang Pahalanya Besar
Artinya, āTidak ada wabah (yang menyebar dengan sendirinya tanpa kehendak Allah), tidak pula tanda kesialan, tidak (pula) burung (tanda kesialan), dan juga tidak ada (kesialan) pada bulan Safar. Menghindarlah dari penyakit judzam sebagaimana engkau menghindar dari singa.ā (HR al-Bukhari) (Badruddin āAini, āUmdĆ¢tul QĆ¢ri Syarhu ShahĆ®hil BukhĆ¢ri, [Beirut, DĆ¢rul Kutub: 2006], juz IX, halaman 409).
Syekh Abu Bakar Syata ad-Dimyathi (wafat 1302 H), sebagaimana dikutip dari Ustadz Sunnatullah, mengatakan dalam kitabnya yang berjudul HĆ¢siyyah IāĆ¢natuth ThĆ¢libĆ®n juz 3, bahwa hadits di atas ditujukan untuk menolak keyakinan dan anggapan orang-orang jahiliah yang mempercayai setiap sesuatu dapat memberikan pengaruh dengan sendirinya; baik keburukan maupun kebaikan.
Selain itu, masih menurut Syekh Abu Bakar Syatha ad-Dimyathi, hadits di atas juga menegaskan penolakan Rasulullah saw terhadap setiap penisbatan suatu kejadian kepada selain Allah. Artinya, semua kejadian yang terjadi murni karena kehendak Allah yang sudah tercatat sejak zaman azali, bukan disebabkan waktu, zaman, dan anggapan salah lainnya.
Terpopuler
1
PCNU Buleleng Akan Pamerkan Foto dan Dokumen Sejarah NUĀ
2
Ngaji Kurikulum, Kemenag Harap Ada Solusi Inovatif terkait Pendidikan
3
Hukum Menanyakan Hari Baik pada Peramal atau Dukun
4
PBNU Buka Pendaftaran Beasiswa S1 ke Al-Azhar Mesir, Ini Ketentuan dan Cara Daftarnya
5
Ini Sambutan Nahdliyin Aceh kepada Tiga Pengurus PBNU
6
Ini Daftar Lembaga Negara yang Terkena Dampak dari Serangan Ransomware
Terkini
Lihat Semua