Patoni
Penulis
Meskipun termasuk negara maritim dengan bentangan laut yang luas, masyarakat Indonesia tidak bisa dilepaskan dari karakter agrarian. Dua karakter tersebut sekaligus menahbiskan bangsa Indonesia yang tidak bisa terlepas dari mata pencaharian sebagai nelayan dan petani.
Setelah berabad-abad bergelut dengan laut dan sawah, karakter masyarakat Indonesia sedikit demi sedikit mengalami perubahan dengan mulainya didirikan pabrik oleh kolonial Belanda di beberapa daerah. Karakter maritim dan agrarian saat itu bahkan hingga kini menghadapi gempuran kawasan-kawasan industri dengan berdirinya pabrik-pabrik.
Ā
Baca juga:Ā Saat KH Hasyim Asyāari Menyaksikan Kondisi Pesantrennya yang Hancur oleh Belanda
Bahkan di beberapa daerah, para petani harus merelakan tanah dan sawahnya untuk pembangunan kawasan industri. Dari sinilah muncul masyarakat urban. Generasi muda sekarang lebih memilih pergi ke kota ketimbang menjadi nelayan atau pun petani. Hal itu ditambah nasib para nelayan dan petani yang seolah tidak pernah beranjak dari garis-garis kemiskinan.
Namun, meski mata pencaharian petani dan nelayan hanya lekat pada diri masyarakat bawah, generasi saat ini setidaknya mampu mewarisi tradisi dan filosofi kehidupan masyarakat maritim dan agrarian.
Warisan tersebut berusaha terus ditanamkan oleh Pendiri Nahdlatul Ulama (NU), KH Hasyim Asyāari pada diri para santri di Pondok Pesantren Tebuireng yang didirikannya pada 1899 M. Hal itu menunjukkan bahwa filosofi kehidupan petani sangat ditekankan oleh para orang tua zaman dulu, termasuk oleh ulama pesantren.
Ā
Baca juga:Ā Saat KH Hasyim Asyāari Berkata Petani Adalah Penolong Negeri
KH Muhammad Hasyim Asyāari sampai-sampai memberikan pengajaran agama melalui interaksi pertanian. Bahkan hal itu cukup ampuh menarik perhatian masyarakat untuk tidak mau bekerja lagi di pabrik dan meninggalkan dunia gelap prostitusi yang sengaja didirikan oleh penjajah Belanda di sekitarĀ pabrik.
Upaya pelestarian lahan untuk bertani menjadi semacam media perlawanan rakyat dan kaum pesantren terhadap kekejaman dan kesewenang-wenangan penjajah Belanda. Hingga penjajah beberapa kali menghancurkan dan menyerang pesantren.
Mengingat pentingnya pertanian untuk mewujudkan kemandirian dan ketahanan pangan, Abdul Munāim DZ dalam Fragmen Sejarah NU (2017) mengungkapkan bahwa KH MuhammadĀ Hasyim Asyāari mengeluarkan fatwa tentang pentingnya membangun pertanian, agar bangsa Indonesia mandiri, maju, dan sejahtera.
Ā
Baca juga:Ā KH Hasyim Asyāari Meletakkan Perjuangan Melawan Penjajah dengan Mendirikan Pesantren
Karena itu, KH Hasyim Asyāari menyebut petani sebagai pahlawan bangsa dengan jasanya menghidupi masyarakat banyak seperti yang dikatakannya dalam Soeara Moeslimin Indonesia, sebagai berikut:
āPendek kata, bapak tani adalah goedang kekajaan, dan dari padanja itoelah Negeri mengeloearkan belandja bagi sekalian keperloean. Paā Tani itoelah penolong Negeri apabila keperloean menghendakinja dan diwaktoe orang pentjari-tjari pertolongan. Paā Tani itoe ialah pembantoe Negeri jang boleh dipertjaja oentoek mengerdjakan sekalian keperloean Negeri, jaitoe di waktunja orang berbalik poenggoeng (taā soedi menolong) pada negeri; dan Paā Tani itoe djoega mendjadi sendi tempat negeri didasarkan.ā (KH Hasjim Asjāari, Soeara Moeslimin Indonesia,Ā No. 2 Tahun ke-2, 19 Muharom 1363/15 Januari 1944).
Ā
Baca juga:Ā Alasan Ibunda KH Hasyim Asy'ari Dipanggil Winih
Di akhir tulisan, Kiai Hasyim Asyāari mengutip dari kitab akhlak Adabud Dunya wad Din, karya Syekh Imam al-Mawardi, bahwa dunia akan tertib jika enam hal terpenuhi. Pertama, agama yang ditaati. Kedua, pemerintah yang berpengaruh.Ā Ketiga, keadilan yang merata. Keempat, ketenteraman yang meluas. Kelima, kesuburan tanah yang kekal. Keenam, cita-cita yang luhur. Kesuburan tanah yang kekal harus disyukuri melalui pengelolaan lahan untuk pertanian.
Penulis: Fathoni Ahmad
Editor: Muchlishon
Terpopuler
1
PCNU Buleleng Akan Pamerkan Foto dan Dokumen Sejarah NUĀ
2
Ngaji Kurikulum, Kemenag Harap Ada Solusi Inovatif terkait Pendidikan
3
Hukum Menanyakan Hari Baik pada Peramal atau Dukun
4
PBNU Buka Pendaftaran Beasiswa S1 ke Al-Azhar Mesir, Ini Ketentuan dan Cara Daftarnya
5
Ini Sambutan Nahdliyin Aceh kepada Tiga Pengurus PBNU
6
Ini Daftar Lembaga Negara yang Terkena Dampak dari Serangan Ransomware
Terkini
Lihat Semua